Kamis, 22 Desember 2016

Proposal Usaha

PROPOSAL USAHA STIKER DAN PIN

BAB I PENDAHULUAN

1.      Judul Kegiatan: STIKER DAN PIN
2.   Status Usaha: Usaha yang akan saya jalankan adalah usaha yang telah ada dan dikembangkan secara berkelompok.
3.      Rasional Kegiatan: Usaha STIKER DAN PIN yang akan saya jalankan adalah jenis usaha rumah tangga kelompok kecil. Alasan saya dalam memilih usaha ini yaitu untuk mengenalkan beberapa faktorsebagai berikut;
(a)    Peningkatkan kreatifitas suatu individu dan kelompok
(b)   Peningkatan sumber daya manusia yang ada guna memenuhi kebutuhan sandang suatu masyarakat tertentu.
(c)    Peningkatan jumlah usaha-usaha sejenis yang sedang mengalami perkembangan.
(d)   Kami memiliki sedikit pengalaman mengenai jenis usaha yang dijalankan ini.

4.      Tujuan Kegiatan :
a)      Meningkatkan jumlah usaha-usaha kecil yang sedang dalam perkembangan.
b)      Meningkatkan tingkat kreatifitas suatu individu dan juga kelompok.
c)      Meningkatkan kemampuan suatu kelompok dalam mengembangkan usaha-usaha pembuatan stiker dan pin.

BAB II METODE PELAKSANAAN
1.      Produk: Produk usaha rumah tangga yang akan kami hasilkan yaitu : STIKER DAN PIN, Stiker dan pin menjadi pilihan oleh setiap orang untuk mempercantik dan menarik suatu hal sehingga banyak yang berminat dalam pembuatannya. Di produk stiker dan pin ini kita bisa menambahkan karakter-karakter animasi dan objek benda guna membuatnya semakin menarik, tidak hanya karakter animasi saja bahkan sepeti kata-kata inspiratif, penyemangat, formal, atau bahkan kata-kata yang digunakan untuk memperingati suatu kedaan tertentu dapat dijadikan objek dalam produk ini. Selain itu produk ini juga dapat digunakan dalam berbagai acara-acara tertentu atau bahkan kegiatan sehari-hari, sehingga usaha ini kami tekuni karena masih sangat menjanjikan.

Bahan Baku :
1.      Pengadaan Bahan
2.      Pembuataan desain produk

Proses Produksi :
Proses produksi STIKER DAN PIN yang akan diproduksi dengan proses sebagai berikut:
1)      MENDESAIN OBJEK YANG AKAN DI CETAK
Untuk membuatnya terlihat menarik desain objek menjadi salah satu hal utama dalam pembuatan stiker dan pin. Oleh sebab itu desain yang dilakukan menggunakan komputer membuatnya seakan terlihat mendetail sehingga memudahkan dalam dalam pencetakan. Pola juga menjadi acuan dalam menentukan potongan sisi-sisi gambar objek untuk itu dalam mendesain kita harus menentukan berbagai macam faktor yang dapat menjadi keberhasilan dapar produksi.
2)      PENCETAKAN DAN PENERAPAN OBJEK GAMBAR
Pada proses ini objek gambar yang telah didesain dengan sedemikian rupa akan melalui proses pencetakan setelah itu  objek gambar tersebut ditempatkan pada tempat khusus untuk dilakukan proses pemotongan atau penentuan pola gambar yang sesuai dengan desain yang dibuat sehingga dapat menjadi objek yang menarik. Kemudian dalam proses ini tidak hanya menetukan pola tapi disini akan dilakukan penerapan pada cetak pin yang akan di press atau dicetak menggunakan alat press khusus pin.
3)      POLA STIKER DAN PIN
Disini pola stiker dan pin telah ditentukan dengan berbagai ukuran yang masing-masing memiliki ciri khas tertentu.

Pola Stiker
1)      Ukuran Kecil
Stiker dengan ukuran ini memiliki dimensi dengan ukuran 3x5 cm hingga 4x6 cm.
2)      Ukuran Sedang
Stiker dengan ukuran ini memiliki dimensi dengan ukuran 6x9 cm hingga 7x10 cm.
3)      Ukuran Besar
Stiker dengan ukuran ini memiliki dimensi dengan ukuran 10x15 cm hingga 15x18 cm dan ukuran ini bisa disesuaikan dengan pemesanan.

Pola Pin
Untuk pola pin sendiri disini menggunakan satu pola saja dengan ukuran dimensi 5x5 cm.

PEMASARAN
Pemasaran yang ditargetkan untuk sementara waktu selama 2 bulan adalah kota Samarinda. Diperkirakan dengan jumlah penduduk Samarinda saat ini sekitar 30% remaja berstatus pelajar yang dijadikan sasaran target pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan cara promosi melalui media sosial dan melalui mulut kemulut melalui produk fisik atau gambar yang sebagian telah di promosikan terlebih dahulu melalui beberapa contoh produk.

TEMPAT PRODUKSI
Tempat produksi dilakukan di jalan raya Pramuka Samarinda. Tempat produksi cukup strategis karena berada pada poros jalan sehingga dapat dengan mudah di akses oleh kendaraan untuk pengiriman maupun pembeli yang membawa kendaraan dan juga jalan Pramuka adalah tempat strategis dimana banyak penjual yang menjajakan berbagai macam produk.

BAB III TARGET LUARAN

1.      Target Produk :
Produk yang akan dihasilkan adalah STIKER DAN PIN. Kualitas produk yang akan dihasilkan adalah stiker dan pin dengan bahan kertas dan plastik dengan kualitas terbaik tanpa cacat sedikit pun. Sesuai dengan kriteria produk yang dibuat dan dengan alat-alat yang telah memenuhi syarat.

2.      Target Konsumen :
Konsumen yang ditargetkan adalah pelajar usia remaja dengan target rata-rata 5 orang perhari atau 150 orang perbulan.

3.      Target Pendapatan : Jumlah pendapatan yang ingin kami peroleh yaitu Rp.500.000,-

BAB IV RENCANA BIAYA

1.      Rencana Biaya Usaha :
Rencana biaya usaha yang akan kami lakukan adalah sebagai berikut :    
BIAYA INVESTASI


1.
PENGADAAN



No
Uraian
Vol
Satuan
 Harga/Sat
 Jumlah Rp.
1
Kertas stiker
4
lembar
Rp    25,000
 Rp    100,000
2
Plastik pin
20
buah
Rp    5,000
 Rp      100,000
3
Tinta
2
buah
Rp 20,000
Rp 40,000





Rp   240,000

PERALATAN 

a.
Peralatan Kantor



No
Uraian
Vol
Satuan
 Harga/Sat
 Jumlah Rp.
1
Printer
1
Unit
Rp      670,000
 Rp      670,000
2
Alat Press
1
Unit
Rp      150,000
 Rp         150,000
3
Gunting
3
Unit
Rp      6,000
 Rp         18,000





 Rp     838,000

3.
DATA OPERASI





Kapasitas produksi/hari
5
buah


Hari kerja perbulan
15
hari


Standar harga 
paket
satuan
 harga
 harga/sat
1
Biaya print
1
buah
 Rp  25,000
 Rp 25,000
2
Plastik pin
5
buah
 Rp    25,000
 Rp  5,000









Upah kerja/bulan
24
hari
 upah
 Upah /hari
1
Manajer
1
bln
 Rp 60,000
 Rp   4,000
2
Tenaga harian
1
bln
 Rp 30,000
 Rp   2,000


GAJI DAN UPAH KERJA





No
Uraian
Volume
Satuan
 Harga/Satuan
 Jumlah Rp
 Jumlah Total
1
Tenaga ahli
1
orang
 Rp   7,000
 Rp   7,000

2
Pekerja
2
orang
 Rp   5,000
 Rp   10,000






 Rp   17,000
 Rp         17,000


















JUMLAH BIAYA PRODUKSI PERHARI

 Rp     10,000


JUMLAH BIAYA PRODUKSI PERBULAN

 Rp     150,000


BIAYA INVESTASI USAHA AWAL


 Rp   150,000


BIAYA CADANGAN OPERASIONAL


 Rp   20,000


JUMLAH TOTAL BIAYA USAHA


 Rp   170,000



5.
MENGHITUNG HARGA JUAL
No
Uraian
Jumlah Biaya

 Kapasitas produk
 Biaya per unit

1
Biaya bahan baku perbulan
Rp 150,000

 Rp             5,000
 Rp               100

2
Biaya operasional perbulan
Rp 20,000

 Rp             5,000
 Rp               100


Total biaya operasi perbulan
 Rp  170,000
Total Biaya per Unit
 Rp               200






6.

LAPORAN KEUANGAN DAN PENJUALAN PRODUK
NO
TANGGAL
JENIS BARANG
JUMLAH
HARGA
1
17/11/2016
stiker ukuran sedang
2
Rp.10.000
2
17/11/2016
stiker ukuran sedang
1
Rp.5.000
3
17/11/2016
stiker ukuran sedang
2
Rp.10.000
4
18/11/2016
stiker ukuran sedang
3
Rp.15.000
5
18/11/2016
stiker ukuran sedang
1
Rp.5.000
6
18/11/2016
stiker ukuran sedang
2
Rp.14.000
7
18/11/2016
sticker ukuran kecil
1
Rp.4.000
8
18/11/2016
stiker ukuran kecil
2
Rp 10.000
9
18/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
10
19/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 6.000
11
19/11/2016
stiker ukuran sedang
1
Rp 7.000
12
19/11/2016
stiker ukuran besar
1
Rp 8.000
11
19/11/2016
Pin
2
Rp.20.000
12
19/11/2016
pin
3
Rp.30.000
13
20/11/2016
pin
2
Rp 20.000
14
21/11/2016
stiker ukuran kecil
3
Rp 12.000
15
21/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
16
22/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
17
22/11/2016
pin
1
Rp 10.000
18
22/11/2016
pin
1
Rp 10.000
19
24/11/2016
pin
1
Rp 10.000
20
24/11/2016
pin
1
Rp 10.000
21
24/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
22
24/11/2016
pin
1
Rp 10.000
23
24/11/2016
pin
1
Rp 10.000
24
24/11/2016
pin
1
Rp 10.000
25
24/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
26
25/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
27
25/11/2016
stiker ukuran kecil
1
Rp 5.000
28
25/11/2016
stiker ukuran besar
1
Rp 8.000
29
25/11/2016
stiker ukuran sedang
1
Rp 7.000
30
26/11/2016
stiker ukuran besar
1
Rp 8.000
31
26/11/2016
pin
1
Rp 10.000
32
26/11/2016
pin
2
Rp 20.000
13
13/12/2016
pin
4
Rp.52.000
14
14/12/2016
pin
3
Rp.39.000
15
15/12/2016
pin
3
Rp.39.000
16
15/12/2016
pin
1
Rp.13.000
Rp.477.000


BAB V JADWAL PELAKSANAAN

Jadwal Pelaksanaan usaha dan anggaran disusun sebagai berikut :
No
Uraian Kegiatan
Bulan Pelaksanaan


November
Desember
1
Pembelian peralatan
3 item

Rp 15,000

2
Pembelian bahan produksi
2 item
 2 item
Rp 50,000
 Rp 50,000

Jumlah
Rp 65,000
Rp 50,000

BAB VI ORGANISASI PELAKSANA
No
Nama
Pendidikan/Keahlian
Deskripsi tugas
1
Syahtiar Adityawan
S1 Ilmu Komputer
Manajer dan pemasaran
2
Nurhidayat Wardani
S1 Ilmu Komputer
Produksi
3
Okbert Parulian
S1 Ilmu Komputer
Produksi

BAB VII POTENSI KHUSUS

1.      Peluang Komersial : Produk STIKER DAN PIN selama ini masih sedikit yang diproduksi oleh individu ataupun kelompok industri rumah tangga untuk itu produk ini memiliki peluang pasar yang cukup baik.
2.      Peluang Patent atau Haki : Stiker dan pin merupakan produk dengan ciri dan karakteristik yang unik sehingga banyak dari kalangan yang menyukainya, maka dari itu produk ini mampu memberikan peluang yang cukup untuk mendapatkan patent.

3.      Peluang Legalitas : Peluang untuk mendapatkan legalitas dari produk ini lebih dari cukup sebab produk ini diproduksi dengan tangan-tangan kreatif dan alat-alat yang telah memenuhi syarat dan ketentuan produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar